SEO Checklist For Blogger Winning the SERP

Konten [Tampil]
Saat membuat artikel atau blog post, setiap blogger tentunya menginginkan artikelnya dapat muncul dalam mesin pencarian. Untuk bisa menjadikan artikel kita muncul dalam halaman Search Engine Result Page (SERP) dibutuhkan upaya keras.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengasah kemampuan diri. Khususnya dalam pengetahuan dan pemahaman serta implementasi optimisasi blog. Ini bisa dilakukan dengan banyak praktek dan melakukan analisa secara terus menerus terhadap artikel yang dipublikasi.
SEO Checklist untuk Blogger
Untuk mendapatkan pengetahuan seputar bagaimana seorang blogger bisa menjadi pemenang dalam SERP, seorang blogger harus banyak belajar. Membangun jarigan dengan orang yang sefrekuensi. Mengikuti kelas-kelas yang membahas seputar SEO-Search Engine Optimization atau kebutuhan lainnya dari kita sebagai blogger.

Salah satu kelas yang bisa diikuti adalah Kelas BRT Network. Sebuah kelas yang dinahkodai oleh Punto Wicaksono yang akrab disapa Pewe dan Monica Anggen. Kelas yang diselenggarakan selalu mendapatkan respon positif dari para blogger.

Setiap menyelenggarakan event, Kelas BRT selalu dipenuhi oleh orang-ornag yang haus akan ilmu. Dalam hitungan detik, Quota kelas akan segera terpenuhi. Seperti Kelas BRT yang diselenggarakan pada beberapa waktu lalu.

Kelas itu secara khusus membahas tentang SEO Checklist for Blogger Winning SERP. Kelas ini menghadirkan narasumber yang sudah lama bergelut dalam bidang SEO. Bahkan tulisannya pun sering kali kita baca. Beliau adalah Miftahul Khoir.

Siapa Miftahul Khoir?

SEO Specialist Klikdokter.com
Mungkin kita bertanya-tanya tentang siapa sosok Miftahul Khoir yang didapuk sebagai narasumber dalam event yang diselenggarakan oleh BRT Network. Soso Miftahul Khoir atau akrab disapa Mas Miftah merupakan seorang yang konsen atau memiliki skill yang mencakup Social Media Channel Organic Strategy, SEO (On-Page Analysis & Off-Page Strategy), Content Marketing, YouTube Optimization, Web Analytics, Web Development, dan Digital Planner.


Saat ini Miftahul Khoir menjabat sebagai AVP of Digital Performance & Marketing Business pada brand Klikdokter.com. Sebuah brand yang fokus pada bidang kesehatan. Menghadirkan informasi dan edukasi seputar kesehatan.

Content Writer Skill

SEO checklist menjadi hal penting bagi content writer khususnya yang berkiprah sebagai blogger. SEO Checklist merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang Content Writer di antara banyak skill.

Webinar SEO Checklist for Blogger Winning the SERP yang diselenggarakan BRT Network dengan nara sumber Miftahul Khoir memberikan banyak pandangan dan wawasan baru. Memulai materinya, Mas Miftah membuka dengan melakukan penyegaran kepada semua peserta.

Penyegaran dilakukan dengan mengajak peserta kembali mendalami tantang Skill Dasar Content Writer. Keterampilan-keterampilan dasar ini merupakan keterampilan atau kemampuan yang sangat penting bagi Content Writer (CW). Apa saja keterampilan itu? Cek yuk

1. Kemampuan Kreatif

Kemampuan kreatif sebagai seorang content writer merupakan hal penting. Kreativtas yang dimiliki akan melahirkan ide-ide kreatif dan menarik bagi konten. Memang untuk memunculkan kreativitas bukan perkara mudah, namun bukan tidak bisa. Semua orang pada dasarnya memiliki kemampuan memunculkan ide sebagai bahan tulisan.

Lantas bagaimana jika belum memiliki kemampuan itu? Miftah menyampaikan bahwa kreativitas itu bisa diasah asal memiliki kemampuan dan kemauan untuk mengasah. Seperti dengan berselancar di media sosial dan sumber lain yang bisa menjadi inspirasi untuk kemudian dijadikan tulisan yang menarik.

2. Solutif

Skill dasar Content Writer berikutnya yaitu solutif. Setelah memiliki ide untuk menghasilkan sebuah karya, seorang CW juga perlu dan harus memikirkan Value dari tulisan itu. Tulisan bisa menjadi solusi bagi orang yang membacanya.

Artikel yang solutif harus mengandung beberapa poin yaitu Actionable, Comprehensive, Trustworty, dan Targeted. Artinya artikel yang dibuat harus rinci, teliti, dapat dipercaya, sehingga dapat ditemukan dalam mesin pencarian. Comprehensive Content sendiri sangat berhubungan dengan intent yang ada pada artikel yang kita tulis. Di antara jenis search intent dalam penulisan yang memenuhi kaiah SEO yaitu informatif, navigational, commercial, atau transactional.

3. Keterampilan Teknis

Selain keterampilan berhubungan dengan kepenulisan, seorang content witer khususnya blogger perlu menguasai kemampuan teknis blogger untuk mendukung proses optimasi konten yang dimiliki.

Dalam hubungannya dengan keterampilan teknis ini, seorang penulis dalam hal ini blogger harus menguasai tools pendukung yang bisa menguatkan tulisan, dan memahami bagaimana cara kerja search engine.

Di antara cara kerja search engine yang harus dipahami adalah Crawling, Indexing, dan Publishing.

Dalam crawling ini bot melakukan semacam pendataan dan membaca informasi dari blog atau website kita. Informasi yang sudah dibaca itu kemudian dimasukkan ke dalam database Google sehingga bisa muncul saat dipanggil melalui mesin pencarian atau indexing.

Pengembangan Topic Halaman

Content Writing
Hal lain yang disampaikan kepada blogger adalah bahwa blogger dalam menghasilkan karyanya harus senantiasa berusaha memberikan yang terbaik bagi pembaca. Hasil terbaik yang diberikan dan bisa memberikan jawaban atas yang dibutuhkan user akan menjadi penguat keberadaan informasi pada halaman kita.

Topik halaman yang blogger miliki tidak bisa itu-itu saja. Perlu pengembangan topik halaman. Bagaimana caranya?

1. Brainstorming

Dalam pengembangan topik halaman, brainstorming tidak boleh dilupakan. Tujuannya agar blogger bisa menghasilkan ide kreatif, ide segar dan inovatif untuk menghasilkan konten yang menarik.

2. Storytelling

Storytelling pada tahun 2019 sempat menjadi pembicaraan dalam dunia SEO khususnya untuk menarik audiens. Storytelling adalah cara mengemas konten dengan narasi yang tidak hanya menarik, namun memukau pembaca, serta dapat mengikat audiens.

3. Base on Data

Konten akan menjadi lebih kuat jika diikuti dengan data atau menggunakan data. Artinya konten tidak hanya berisi asumsi diri pribadi, namun juga berdasarkan pada data.

Dalam menulis artikel yang base on data atau berdasarkan data, ada beberapa jenis artikel di antaranya: 

  1. Artikel based on general data, Jenis artikel ini ditulis berdasarkan data performance artikel. Artikel ini bisa dikatakan menjadi artikel turunan dari artikel yang perform.
  2. Konten untuk Klien (Publishing)
  3. Konten momentum
  4. Konten yang didapat dari konten baru yang fresh sesuai dengan bisnis kita. Pada jenis artikel ke empat ini biasanya sangat diperhatikan adalah positioning blog.

Apa itu Positioning Blog

Untuk memiliki blog, persona sangat dibutuhkan. Untuk positioning blog sendiri blogger perlu memperhatikan persona audiens dengan membangun blog berdasarkan tiga hal yaitu

1. Set target utama blog

Saat akan memulai menulis atau bahkan mulai menekuni blog, seorang blogger harus tahu apa tujuan dari menulis blog atau tujuan membuat blog itu sendiri. Sebagai contoh pada Klik Dokter, tujuannya adalah memberikan informasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kesehatan, dan juga lifestyle.

2. Jangan utamakan SEO

Saat menulis artikel fokuslah pada muatan konten itu sendiri. Saat membuat konten dan fokus pada SEO saja, kita akan hanya fokus url, keyword, dan lupa pada pembaca.

3. Pahami audience

Audiens harus benar-benar dipahami oleh blogger. Siapa orang yang akan membaca dan melihat artikel kita.

Sebagai blogger selain menentukan tujuan, juga harus memperhatikan pembaca dan apa yang mereka harapkan. Jika ini dilakukan maka akan menguatkan proses untuk menjadikan tulisan kita sebagai pemenang dalam persaingan.

Winning SERP Strategy

Memenangkan persaingan dalam mesin pencarian bukanlah perkara mudah. Membutuhkan proses dan perjuangan yang cukup menguras tenaga. Di antara strategi untuk memenangkan SERP yaitu

1. Crawling Status

Crawling status secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah perizinan yang kita berikan kepada Google untuk bisa mengakses website/ blog yang kita miliki untuk mendapatkan informasi.

Dalam hal ini, blogger benar-benar harus memahami mana saja yang bisa diakses oleh Google dan mana yang tidak boleh.

2. Website Navigation

Technical SEO

Dalam website navigation, hal yang perlu diperhatikan dengan baik agar mudah diakses adalah kategorisasi, breadcrumb atau informasi yang merupakan jejak dari asal konten berada, dan linking yang merupakan penguat bagi artikel agar tetap tersambung dengan artikel lain yang sejenis.

3. Experience

Dalam experience informasi Core Web Vital perlu diperhatikan dan dicek secara berkala karena sangat berhubungan dengan user kita. Hal-hal yang ada dalam CWV untuk menjawab kebutuhan users yaitu speed, readibilty halaman, dan ketersediaan halaman.

4. Mengenal Schema Data

Schema Data merupakan struktur yang berfungsi menjembatani website/blog kita dengan Google. Sehingga Google bisa mendapatkan informasi dari blog kita.

Schema data sendiri terdiri dari artikel, blog posting, person, dan website. Lantas apa yang ada pada masing-masing schema data?

Article

Schema data ini membantu Google memahami jenis dari postingan. Schema data articel mencakup Property “Headline, author, datePublished, image, aryickkeBody”

Blog Posting

Blog posting merupakan subtype dari artikel atau spesifik untuk postingan blog. Contoh schema ini adalah Property Headline, mainentityOfPage, aithor, datePublished, dateModified, image, articleBody.

Person

Contoh dari schema ini adalah Property name, url, sameAs. Schema ini digunakan untuk penulis atau kontributor blog.

Website

Schema selanjutnya yaitu website. Schema ini mengidentifikasi keseluruhan situs web blog. Contoh property url, name, potentialAction (seperti SearchAction untuk menambahkan kotak pencarian).

Selain schema data, hal lain yang perlu dibangun oleh blogger adalah content Mapping.

Content Mapping

Kelas BRT Network
Untuk memudahkan dalam proses pengelolaan website atau blog beserta kontennya, blogger harus membuat content mapping. Dalam content Mapping ini seorang blogger harus bisa membuat topic cluster, content cluster, dan linking strategy.

Content Performance

Content performance bisa dilihat dari dua poin yaitu SERP layout dan User Indicator. Dalam SERP Layout kita harus memperhatikan kondisi SERP agar dapat memaksimalkan visibilitas dari konten yang kita buat.

Sedangkan hubungannya dengan user indicator, seorang blogger harus dapat menentukan metric yang dapat menginterpretasikan kepuasan uaer agar dapat dilakukan evaluasi di kemudian hari.

Memahami SERP Layout Opportunity untuk mendukung performance sangat penting bagi blogger. SERP layout sendiri meliputi Featured Snippet, People Also Ask, knowledge Panel, dan featire image.

Analisis SERP Perform

Analisis SERP Perform tidak boleh lepas dari SEO Checklist. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah analisis performa. Performa yang dianalisis mencakup AVG Ranking, Impression, CTR, dan Click. Serta memahami GSC Metric untuk mendukung optimisasi blog secara maksimal.

SEO Checklist for Blogger Winning SERP

Search Engine Optimization
SEO Checklist bagi blogger menjadi hal penting. Tidak hanya bagi pemula, namun blogger profesional pun juga bisa menerapkannya dalam keseharian. Menggunakan SEO checklist dalam proses optimisasi konten berkualitas akan memberikan beragam manfaat. 

SEO Checklist sendiri mencakup banyak hal baik itu SEO On-page, SEO Off-Page, Technical SEO, dan lain sebagainya.

Beberapa alasan kenapa blogger harus memanfaatkan SEO checklist adalah
  1. Mengoptimalkan proses optimisasi konten atau artikel yang kita buat.
  2. Sebagai upaya untuk meningkatkan Traffic pengunjung ke halaman kita.
  3. SEO Checklist dapat menjadi kontrol bagi blogger dalam melakukan optimisasi konten sehingga tidak terlewatkan.
  4. SEO Checklist dapat dijadikan bahan evaluasi, bagaimana impact penerapan SEO terhadap konten.
Itulah beberapa poin yang bisa diterapkan untuk mendukung proses optimisasi konten-konten atau tulisan yang akan kita publikasi. Semoga bermanfaat dan bisa kita implementasikan dalam proses optimisasi SEO baik SEO On Page maupun SEO Off Page.

Related Posts

1 comment

  1. Wah, lengkap banget, ya, materinya. Jujur otak aku enggak sampai untuk memahami semuanya sekaligus. Mungkin butuh waktu dan pelan-pelan untuk memahami. Nanti bakal balik kagi untuk memahamii. Omong-omong aku baru tau sosok di balik klikdokter karena sering aku jadikan sebagai rujukan

    ReplyDelete

Post a Comment