Assessment Center yang Menggunakan Caliper Profile

Konten [Tampil]
Perusahaan dalam melakukan rekrutmen untuk pekerjanya tidak hanya mementingkan mengenai keterampilan yang dipunyai kandidat saja. Akan tetapi karakter yang dipunyai oleh kandidat hingga juga soft skill juga penting untuk menjadi pertimbangan memilih calon kandidat. Karyawan yang bisa beradaptasi dengan culture atau budaya kerja di perusahaan lebih dipertimbangkan karena untuk kemampuan karyawan bisa dikembangkan dengan sendirinya dengan memberikan pelatihan. Untuk mendapatkan calon kandidat yang terbaik untuk perusahaan bisa menggunakan penilaian dari assessment center, sehingga bisa memilih calon karyawan yang terbaik.
Assessment Center

Jenis Psikotes Dalam Assessment

Untuk mengetahui kemampuan hingga karakter calon karyawan yang sesuai dengan perusahaan, ada banyak penilaian yang bisa diberikan. Salah satunya adalah tes psikotes yang merupakan jenis penilaian untuk bisa menempatkan seseorang di posisi yang tepat. Penilaian psikotes bisa digunakan agar bisa mengetahui kemampuan yang dipunyai oleh kandidat untuk bekerja di bawah tekanan, komunikasi yang dipunyai oleh peserta, dan juga lainnya agar bisa menentukan apakah kandidat tersebut cocok atau tidak dengan budaya yang dipunyai perusahaan.

Tes assessment center untuk psikotes mempunyai beberapa aspek yang akan dinilai, yaitu:
  • Penilaian akan dilakukan dengan mengklasifikasikan mengenai instrumen data yang dipunyai oleh peserta. Hal tersebut bisa didapatkan dari keterampilan kinerja tim yang dipunyai, keterampilan interpersonal, kreativitas yang dipunyai, kemampuan menjadi pemimpin, dan juga masih banyak lainnya. Data tersebut bisa diketahui dari personal dan juga historis yang dipunyai oleh calon peserta yang didapatkan dengan mudah lewat data yang diberikan lewat CV yang diberikan.
  • Klasifikasi selanjutnya yang perlu dinilai adalah kemampuan kognitif yang dipunyai oleh calon peserta. Kemampuan kognitif tersebut diperlukan untuk bisa melakukan analisis logika dan penalaran yang dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
  • Klasifikasi terakhir dari penilaian yang diberikan adalah kepribadian yang mengukur mengenai stabilitas emosi yang dipunyai, tingkat proaktif, keramahan, optimisme, dan juga fleksibel dalam menghadapi dunia kerja yang penuh dengan tantangan.
    Prasmul ELI
Adapun untuk beragam jenis psikotes kerja yang diberikan untuk bisa mendapatkan penilaian mengenai kecocokan peserta dengan iklim kerja perusahaan adalah:
  • Caliper profile merupakan jenis psikotes yang paling umum digunakan yang dapat untuk mengetahui mengenai ciri kepribadian dan relevansinya dengan performa kerja yang ditunjukkan.
  • Disc merupakan tes selanjutnya yang mengukur mengenai kepribadian seseorang apakah dominant, influential, steady, dan juga compliant.
  • MBTI merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui karakteristik dan kecenderungan tindakan yang diambil oleh peserta.
  • Big five merupakan tes psikotes yang bisa untuk mengetahui respon yang akan diberikan pada situasi yang dihadapi di tempat kerja.
Serta masih banyak jenis psikotes lainnya yang bisa digunakan untuk mengetahui soft skill yang dipunyai oleh peserta. Mulai dari tes wartegg, tes EPPS atau edard personal preference schedule, tes pauli, 16 personality factor quetionnaire, dan juga masih banyak lainnya. Tes psikotes tersebut bisa dipilih dan diikuti untuk bisa melihat kompatibilitas karyawan dengan iklim kerja yang dipunyai oleh perusahaan. Dengan menggunakan tes psikotes bisa memberikan penilaian yang dapat membantu perusahaan untuk merekrut calon karyawan yang terbaik dari kandidat yang dimiliki.

Mengenal Caliper Profile

Salah satu assessment center untuk menilai mengenai kecocokan kandidat dengan perusahaan adalah the caliper profile. Jenis ini merupakan penilaian yang paling umum digunakan untuk psikotes dari perusahaan ketika melakukan rekrutmen untuk mengetahui mengenai ciri kepribadian yang dipunyai oleh peserta. Kepribadian yang dipunyai oleh peserta tersebut juga mempengaruhi performa kerja yang diberikan, oleh karena itulah penting untuk memberikan tes mengenai kepribadian yang dipunyai oleh peserta.

Tes psikotes the caliper profile akan memberikan hasil untuk memberikan posisi yang terbaik bisa diberikan oleh peserta berdasarkan jawaban yang diberikan. Jawaban tersebut diambil dari sudut pandang yang dipunyai oleh peserta, sehingga jug bisa mengetahui mengenai kualitas yang dipunyai oleh peserta baik itu kualitas positif maupun negatif yang dipunyai oleh peserta.

Program Penilaian yang Menggunakan Caliper Profile

Caliper Profile
Penggunaan caliper profile untuk tes psikotes juga digunakan Prasmul-ELI untuk penilaian yang diberikan untuk peserta. Caliper profile merupakan penilaian yang digunakan untuk bisa mengukur mengenai karakteristik, potensi, serta juga bisa memotivasi bagi individu untuk bisa memaksimalkan potensi yang dipunyai. Prasmul-ELI memberikan tes psikotes Caliper yang terdiri dari penilaian komunikasi, dinamika antar pribadi, pemecahan masalah, dan juga manajemen waktu yang dipunyai oleh peserta.

Tes kepribadian CALIPER profile dari Prasmul-ELI bisa digunakan untuk membantu perusahaan merekrut calon karyawan yang tepat. Begitu juga bisa untuk memaksimalkan potensi yang dipunyai karywan untuk memberikan peran yang tepat di perusahaan. Ikuti tes psikotes CALIPER profile yang ada di assessment center bisa dilakukan dengan analisa grup dan juga memberikan umpan balik manajemen. Untuk informasi selengkapnya mengenai program CALIPER profile dan program assessment lainnya di Prasmul-ELI bisa menghubungi kontak +62 811 1991 1168.

Newest Older

Related Posts

Post a Comment