Peluang Karir Bagi Professional Blogger di Era Digital Adakah? Ini Jawabnya

Konten [Tampil]
Blogger merupakan sebutan bagi seseorang yang menekuni aktivitas menuangkan ide dalam bentuk tulisan pada sebuah blog. Blog sendiri merupakan platform online yang berisi postingan berupa artikel. Jenis tema yang diangkat juga beragam.

Menjadi seorang blogger terkadang masih dipandang sebelah mata oleh orang lain. Mulai dari tidak menghasilkan, bahkan tidak bisa menjadi jalan mendapatkan karir yang lebih baik dan cemerlang. Lantas apakah semua anggapan mereka yang belum kenal atau tahu blogger itu benar?

Bagi blogger baru yang belum memperoleh penghasilan dari aktivitas blogging mungkin akan mengiyakan apa yang dikatakan orang terhadap blogger. Merenung di dalam kamar, dalam kegalauan, apakah akan lanjut sebagai blogger atau berhenti. Jika kamu termasuk dalam salah satu orang yang dilanda kegalauan bagaimana blogger dan karir masa depan ada baiknya menyimak tulisan ini.

PutriSB

From BRT Network for BRT Network

From BRT Network for BRT Network merupakan sharing session yang diselenggarakan oleh BRT Network dengan menghadirkan narasumber, yang mereka pernah belajar di BRT Network sebelumnya.

Tulisan ini akan mengulas apakah professional blogger dan karir masa depan memiliki hubungan? Bisakah blogger memiliki peluang karir yang lebih baik di masa akan datang? Jawabannya ternyata peluang karir bagi blogger masih banyak dan terbuka lebar. Terbukti dari Sharing Session dalam Kelas BRT Network yang menghadirkan PutriSB.

Siapakah sosok PutriSB ini? Dia adalah seorang blogger yang dikenal gigih dalam menempa diri menjadi seorang professional blogger. Pasti semua tahu kan, bagaimana menjadi seorang blogger professional? Ada banyak hal yang harus dilakukan, apa saja itu, bisa membaca salah satu tulisan saya. Judulnya Jangan Jadi Blogger Kalau Nggak Mau Ribet.

"Opportunity is like sunshine; it’s available to everyone. But what you do with it is up to you."

Kembalii ke sosok PutriSB. Sebagai seorang perempuan, dia menjadi perempuan yang memiliki mental tangguh, Khususnya dalam belajar dan menempa diri menjadi professional blogger. Bergabung dalam kelas-kelas blogger, mengikuti berbagai pelatihan, bahkan rela tidak memejamkan mata beberapa hari demi mendapatkan jawaban atas kendala yang ditemukan saat mengelola blog adalah hal-hal yang dilakukannya.

Perjuangannya tidak sia-sia. Benar adanya kalau usaha tiak akan pernah menghianati hasil.

pengalaman seorang blogger yang kemudian sukses dalam karirnya. Kerja kerasnya dalam menggali potensi mengantarkannya pada jenjang karir yang tidak main-main.

Berawal dari blogger menjadi seorang SEO Content Creator, Web Development dan SEO Specialist, dan Digital Marketing pada salah satu perusahaan multinasional. Bahkan selain karir itu, dia juga membagikan keahliannya dengan bergabung sebagai pengajar.

Dalam sesion sharing yang mengangkat judul Unlock Your Potential: Transform Your Blogging Passion Become a Professional Digital Career PutriSB mengungkap rahasianya dalam meraih karir seperti saat ini. SImak ulasannya hingga akhir untuk menemukan semua rahasianya.

Core Aspect for Career Growth

Memiliki karir yang terus bertumbuh bukan sekedar impian jika memiliki kemauan untuk mencapainya. Apa saja aspek-aspek dalam jenjang kari yang perlu kita sadari keberadaannya?

1. Education

Education atau Pendidikan merupakan bekal yang penting dalam dunia kerja. Ini karena melalui pendidikan ada pengakuan tertulis akan kemampuan yang kita miliki. Seperti ijazah, sertifikat sebagai bukti kompetensi. Namun demikian, dalam hal pendidikan ini, kita harus menyadari juga bahwa bukan hanya ijazah atau sertifikat yang dibutuhkan. Keterampilan yang kita miliki harus betul-betul menunjukkan kemampuan diri.

2. Valuable Skill

Tidak dipungkiri bahwa selain administrasi, kebutuhan dunia kerja yang sangat vital keberadaannya adalah keterampilan. Memiliki keterampilan yang bernilai saat ini menjadi nilai lebih tersendiri. Maka dari itu, saat memiliki kesempatan mengembangkan diri, kembangkalan skill yang memiliki nilai. Memiliki keunggulan dari keterampilan yang dimiliki orang lain.

3. Communication

Aspek selanjunya dalam dunia karir yaitu harus disadari betapa penting keberadaannya adalah komunikasi. Keterampilan komunikasi bukan hanya mencakup kemampuan kita untuk berbicara. Lebih dari itu, keterampilan komunikasi mencakup banyak hal. Misal kemampuan bahasa. Saat menguasai bahasa asing ini akan memberikan pengahrgaan lebih bagi diri.

Selain bahasa, dalam karir kita juga harus memperhatikan hal lain seperti etika dalam komunikasi, bagaimana negosiasi, dan membangun jaringan, serta merepresentasikan diri.

4. Portofolio

Ini hal yang tidak boleh dilewatkan. Tidak boleh dilupakan, apalagi ditinggalkan, yaitu portofolio. Sebagai seorang karyawan, kita harus menyusun portofolio berisi berbagai pengalaman yang kita miliki, Tentuny amencakup kemampuan yang bisa mendukung kinerja di dalam karir kita.

Live Elevating Skill to Build Habits

Apa pekerjaan seorang blogger?
Ada ungkapan ala bisa karena biasa. Ungkapan ini seringkali kita ucapakan dan dengar. Bagaimana membangun habits sehingga bisa switch karir dengan bermodal modal sebagai blogger? Apa saja skill yang harus dibiasakan? Setidaknya ada enam skill yang terangkum dalam live elevating skill yaitu

1. Fast Learner

Jadilah fast learner, yaitu orang yang cepat belajar. Cepat disini bukan hanya cepat menyelesaikan, namun juga bisa menguasai suatu skill dalam waktu lebih cepat dari biasanya. Fast learner menurut PutriSB berlaku pada siapa saja baik pada orang pintar, maupun yang kurang pintar. Kuncinya bukan pada pintar atau tidak pintar, tapi pada seberapa besar kemauan untuk mempelajari hal yang sudah ditetapkan dalam tujuan.

2. Never Give Up

Jangan pernah menyerah jika menemukan kendala atau masalah. Karena sejatinya setiap masalah akan ada solusinya, dan itu akan menjadikan diri semakin belajar serta mendapatkan hal baru.

3. Networking

Bangun jaringan atau networking di manapun kita berada. Misal bertemu ornag baru di suatu event, bisa dilakukan dengan menukar nomor kontak, dan berkomunikasi seputar skill yang kita miliki. Jadi bukan sekedar untuk ngobrol biasa, lebih dair itu, untuk membicarakan hal yang memang butuh didiskusikan.

4. Management Skill

Kuasai keterempilan pengelolaan atau management skill dalam keseharian. Ini mencakup kemampuan mengelola waktu, keuangan, dan lain sebagainya.

5. Self Control

Dalam dunia kerja akan ada saja ujian yang harus dihadapi. Dalam hal ini kita sangat sulit untuk mengontrol lingkungan sekita atau kondisi yang ada. ALih-alih larut dalam masalah itu, sebaiknya berusahalah untuk mengontrol diri.

6. Adaptability

Miliki kemampuan adaptasi saat berada dilingkungan baru. Kemampuan adaptasi akan menjadikan kita mampu bekerja secara optimal.

Never Ending Optimize Yourself

Bagaimana Menjadi blogger Sukses?
Membangun kebiasaan akan memberikan dampak positif dalam kesaharian, khususnya bagi diri kita. Namun demikian proses pengembangan diri secara berkelanjutan harus dilakukan. Ini bisa dilakukan dengan melakukan upgrading diri secara terus menerus dengan siklus berikut

1. Setting Goals

Miliki tujuan yang jelas. Buat tujuan yang spesific, measurable, achievable, relevant, dan time based. Baik itu tujuan jangka pendek, menengah, maupun panjang. Tujuan yang dibuat dengan jelas akan mempermudah langkah dalam mencapainya.

2. Learn More

Memiliki tujuan tanpa didukung kemauan belajar yang lebih maka tidak akan menghasilkan capaian yang maksimal. Maka dari itu, perlu mempelajari hal yang mampu mendukung dalam menapai tujuan itu, dan memperbaiki apa yang sudah dilakukan.

3. Do The Best

Lakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan. Jika ini dilakukan maka akan menghasilkan haril terbaik yang akan menjadikan kita merasa bahagia, dan bangga atas capaian itu.

4. Objective Evaluation

Dalam sebuah siklus, akan dikatakan utuh jika ada tahap akhir yaitu objective evaluation. Setelah menetapkan tujuan, belajar, dan melakukan yang terbaik, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi secara objektif. Lihat kembali tujuan yang sudah dibuat. Apakah sudah sesuai rencana atau belum. Sehingga selalu ada perbaikan berkelanjutan dari siklus-siklus sebelumnya.

So, sebagai blogger teruslah berproses dengan membuat tujuan yang jelas, dan terus belajar untuk melakukan yang terbaik dalam keseharian.

Core Habits to Growth Career

Apakah seorang blogger adalah sebuah profesi?
Setelah mengetahui beberapa pembahasan mengenai aspek dalam pengembangan karir, dan bagaimana membangun sebuah habits, maka selanjutnya yang harus ditumbuhkan dalam diri sebagai sebuah kebiasaan adalah

1. Focus

Kebiasaan pertama yang harus dilakukan yaitu fokus. Dalam perjalanan karir kita harus fokus pada hal penting dan prioritas untuk menunjang karir. Artinya fokus dalam belajar, mengembangkan diri, dengan membuat skala prioritas.

2. Discipline

Kebiasaan penting selanjutnya yaitu disiplin. Memang untuk disiplin terkadang terasa berat, namun bukan berarti tidak bisa. Semua bisa melakukan saat berusaha dengan baik. Jika kita bisa disiplin maka proses dalam mencapai tujuan akan lebih mudah.

3. Stop Making Excuse

Hindari dan berhentilah beralasan saat mengembangakan karir, karena alasan itu bisa menjadi penghambat dalam mencapai tujuan. Jangan banyak alasan dalam melakukan setiap proses, berhentilah berkata tidak bisa dan lainnya.

4. Push Self Limits

Membatasi diri seringkali ada pada diri karena terlanjur merasa nyaman, habits yang bisa kita bangun yaitu minimalkan membatasi diri. Keluarlah dari zona nyaman, dan teruslah berusaha belajar untuk mendapatkan hal baru.

Menerapkan fokus, disiplin,tidak beralasan, dan tidak membatasi diri akan bermapak positif dalam proses perkembangan karir. Maka dari itu, berusahalah untuk konsisten sehingga habist di atas benar-benar bisa terbangun dengan baik.

Shortcut To Growth Career Path

Peluang Blogger di Era Digital

Setelah mengetahui berbagai aspek dalam perkembangan kair dn apa saja yang harus dilakukan, tahap selanjutnya yang harus dilakukan menurut PutriSB yaitu mengimplementasikan 4 hal dalam keseharian.

Empat hal itu merupakan jalan menuju pertumbuhan karir yang baik, yaitu

1. Positive Affirmation

Bangun afirmasi positif dalam diri. Kebiasaan membangun pikiran positif, akta-kata positif, akan menjadikan kita menjadi sosok yang percaya diri. Sosok yang sellau optimis dalam menghadapi tantangan selama perjalanan karir.

2. Mind Mapping

Membuat mind mapping sebagai panduan dalam meniti karir. Saat memiliki tujuan maka harus jelas apa tujuan itu, dan membuat rincian detail apa saja langkah yang harus dilalui, kemampuan apa yang harus dimiliki. Membuat mind mapping akan sangat membantu dalam menjalani setiap proses yang dilalui.

3. Clear Goals

Tujuan yang jelas atau clear goals dapat dihasilkan dari mind mapping yang kita buat. Ini karena setiap langkah dari tujuan yang direncanakan dinyatakan dengan jelas.

4. Think and Do Like I Want

Berpikir dan lakukan seperti yang kita rencanakan. DI awal kita merencanakan dan menetapkan tujuan dalam karir yang akan dijalani. Maka lakukanlah rencana yang sudah ditetapkan dengan terus mengembangkan diri. Meningkatkan kemampuan diri baik melalui pelatihan, atau melalui sumber-sumber online yang bisa diakses dengan mudah saat ini.

Professional Blogger Miliki Kesempatan Karir Cemerlang

Karir cemerlang bisa diperoleh oleh siapa saja, termasuk blogger. Blogger saat terus berproses mengembangkan diri, mempelajari bagian-bagian penting dalam dunia blogging, akan mampu membangun jalur karir yang jelas. Apalagi didukung dengan adanya goal yang jelas, komitmen yang ketat, disimplin, dan fokus, maka akan mendukung menuju karir yang cemerlang.

Belajar dari perjalanan PutriSB, seorang blogger yang terus berusaha menggali potensi, mengarahkan potensinya dengan membuat goal dan membuat peta discipline of execution, mampu mengantarkannya berkarir pada perusahaan multinasional.

Jadi kesimpulannya, adalah bahwa setiap dari kita memiliki kesempatan yang sama. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Mengambil peluang itu, atau hanya bangga mendapatkan peluang yang ada.

Related Posts

1 comment

  1. So lucky teman-teman di BRT Network dapat ilmu daging dari Kak Putri. Ini sih inspirasi banget tentang dunia blogging yang bisa menembus karir profesional

    ReplyDelete

Post a Comment